HOW TO BE A GREAT STORYTELLER

Hai Halo semua nya! Balik lagi di sharing is caring nih! kali ini aku bakal Sharing tips menjadi a great Story Teller berdasarkan pengalaman ku mengikuti lomba story telling saat SMP, so check it out!

  1. Pahami
Ketika teman2 ingin menjadi story teller, hal pertama yang harus dilakukan ialah memahami betul alur cerita nya. Pahami adalah kuncinya, jangan di hafalkan karena nantinya kepala kalian akan pusing. Kalau dihafalkan akan ada kemungkinan besar saat kalian gugup, akan lupa karena nge blank. beda cerita kalau kalian benar-benar mengerti, sekalipun kalian nge blank semua akan bisa disampaikan karena kalian sudah memahami di luar kepala. nah tips untuk memahami, kalian baca cerita nya secara keseluruhan, apabila menemukan pertanyaan itu adalah hal yang bagus. karena ketika kalian bertanya artinya kalian menyimak, kalian sedang melakukan proses berfikir.

    2. Latihan

Tahap kedua ini tidak kalah penting, untuk mengasah sejauh mana pemahaman kalian terhadap alur cerita nya teman-teman bisa mencoba untuk latihan. seperti kata pepatah "practices makes perfect" maka jangan malu untuk latihan! atau apabila malu cobalah mulai bercerita di depan kaca yaaa!

   3. Dukungan

Selanjutnya pada tahapan ketiga juga sangat kalian butuhkan. yang dimaksudkan oleh dukungan ini ialah baik dukungan secara moril dari teman-teman atau keluarga kalian yang memberikan masukan (saran) ketika kalian mencoba untuk latihan story telling di depan mereka. selain itu, dukungan juga bisa berbentuk properti penunjang, seperti contohnya bila teman-teman ingin bercerita tentang Cinderella alangkah baiknya didukung dengan kostum cinderella dan peralatan-peralatan lainnya agar pendengar bisa turut ikut merasakan dan berada dalam cerita nya.

   4. Istirahat 

Nah setelah kalian memforsir diri untuk all out ketika story telling, istirahat juga hal yang penting! jangan sampai kamu latihan terlalu di forsir sehingga pada hari H tenaga nya tidak sebagus saat latihan yaa... dan manfaatkan waktu istirahat ini untuk lebih menyimak point2 dari penilaian, atau juga rules lainnya dalam lomba story telling yang akan kalian ikuti. selain itu, pergunakan waktu istirahat untuk meminta kemudahan dari Tuhan & orang tua agar dilancarkan.

Selamat mencoba, semoga berhasil! atau apabila kalian belum menang, gapapa... masih banyak kesempatan di luar sana!

Komentar